jump to navigation

Do’s dan Dont’s untuk mencegah Malware / Spyware / Trojan / Worm / Virus January 12, 2009

Posted by ZoeL in Desktop PC, Security.
Tags: ,
trackback

Berikut saya coba buatkan summary singkat point – point penting untuk meningkatkan keamanan ketika berselancar di dunia Internet.

Do’s

  1. Selalu jadwalkan secara teratur untuk update dan scan
    Jadwalkan secara teratur untuk update dan scan system untuk membantu meminimal kerusakan apabila tanpa sepengetahuan kita ternyata komputer terinfeksi trojan.
  2. Cobalah mengikuti trend arah perkembangan Trojan / Malware / Spyware / Virus
    Semakin tahun berganti, Trojan dan kawan-kawannya semakin berkembang dan semakin intrusif dalam ide dan skema serangan. Karena itu sebaiknya persenjatai diri dengan update info-info terkini. Tidak perlu tahu terlalu mendetail, cukup mengenal secara general dan mengerti trend penyebaran.
  3. Selalu periksa removable media yang di hubungkan ke komputer
    Trojan dkk sering menggunakan media removable misal USB FD, External HDD dan media storage lainnya sebagai media penyebaran. Mereka juga menggunakan fasilitas Autorun windows untuk aktifasi otomatis begitu removable media dihubungkan ke komputer.
  4. Cari Situs yang memiliki akses online ter-enkripsi Untuk Transaksi Penting, misal Perbankan atau Jual-Beli
    Gunakan website – website terpercaya yang melakukan transaksi dengan mode terenkripsi / enkapsulasi. Misal HTTPS / SSL. Di dunia Internetworking yang luas, data dan paket informasi hilir mudik sebagian besar tanpa terlindung dan hanya berupa plain text. Orang – orang jahat yang bisa melakukan tap, umumnya bisa membaca isi paket tanpa kesulitan. Karena itu gunakan situs terenkripsi yang merubah paket / data menjadi string tak terbaca yang hanya bisa dibuka oleh penerima. Orang jahat pun akan mengalami kesulitan membuka data yang diterima, mereka akan memerlukan waktu lebih banyak untuk membongkarnya. Perkembangan dunia internet, hacking dan cracking, memungkinkan suatu saat bahkan metode enkripsi terbaik sekalipun untuk dijebol. Tetapi diharapkan pelaku kejahatan memerlukan waktu lebih banyak untuk melakukan satu aksi kejahatan.
  5. Selalu mengambil sikap paranoid dan berhati – hati ketika berada di dunia Internet
    Ambil sikap Paranoid. Hal demikian berguna untuk mengantisipasi kemungkinan anda menjadi korban phising (pencurian data), penipuan ataupun pemerasan. Perhatikan dengan seksama website yang dikunjungi, pilih website yang terpercaya, lengkap informasinya, dan bimbing anak-anak anda untuk mengakses website yang aman dan tidak menampilkan iklan – iklan tak wajar untuk umurnya. Kalau perlu, gunakan content filtering untuk akses internet. Pasang software – software pengaman agar anak anda tidak terjerumus sisi negatif Internet. Selalu beri anak anda pemahaman mengenai dunia internet. Dan berikan mereka batasan – batasan sambil tidak lupa juga memberikan mereka kepercayaan.
  6. Melakukan Filter atas Informasi dan Data yang di terima
    Dunia Internet yang amat luas memungkinkan informasi mengalir demikian cepat. Melompati batas – batas negara dan perundangan. Tapi, tidak semua informasi dan data dapat di percaya, gunakan selalu akal sehat, rasio dan pemikiran yang matang ketika melakukan justifikasi. Kumpulkan data sebanyak mungkin lalu bandingkan seobjektif mungkin. Matangkan dan netralkan kedewasaan berpikir.

Dont’s

  1. Jangan sembarangan click URL yang bertebaran di websites
    Hati hati mengarahkan ujung mouse anda. Hati – hati ketika melakukan click, karena salah click sedikit saja autorun script langsung berjalan mengirimkan paket installer dan menginfeksi komputer. Pastikan anda melakukan click di area yang tepat. Berhati – hati terhadap website – website yang melakakukan phising dan mencuri data rahasia anda.
  2. Jangan matikan Firewall dalam keadaan komputer aktif online terhubung ke Internet
    Mematikan antivirus untuk sementara waktu masih bisa ditolerir ketika ada aplikasi yang berbenturan. Tetapi mematikan firewall untuk komputer yang terhubung ke LAN / Internet adalah hal yang tidak disarankan. Karena dalam hitungan detik saja, kelemahan OS Windows (OS Vulnerability) yang terekspos akan dijadikan tunggangan maut Trojan – trojan untuk masuk ke dalam sistem.
  3. Jangan Cepat percaya dengan mail yang diterima, periksa dengan baik sebelum membuka attachment dan Jangan sembarangan memberikan mail address ke sembarang website.
    Trojan juga menyebar cepat melalui e-mail. Biasanya berupa attachment atau autorun script. Karena itu jangan cepat mempercayai mail yang masuk, apalagi dari pengirim yang tidak dikenal.

.zfa.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: