jump to navigation

Dynamips, Bagian I : Intro November 14, 2008

Posted by ZoeL in Cisco, Router Simulator.
Tags: , ,
trackback

Untuk apa?
Cisco, sebagai salah satu vendor ternama perangkat Networking memiliki produk Router yang beragam model, fungsi dan kemampuan. Untuk bisa memahami dan smoothly menkonfigurasi Router Cisco, perlu training dan pembelajaran yang intensif dan ekstensif. Cisco memiliki jenjang sertifikasi dan tahapan jalur (pathways) dalam penguasaan Produk dan Fitur Cisco. Mulai dari tingkat awal Associate, lalu Professional dan tingkat paling tinggi sekaligus yang paling mewah, Expert. Sebagai user dan engineer Cisco, untuk mendalami Produk Cisco dan untuk memperoleh sertifikasi yang diinginkan, kita perlu secara mendalam mempelajari fitur-fitu Cisco. Router merek Cisco bukanlah benda yang dapat diperoleh dengan murah dan mudah. Beberapa diantara kita tidak memiliki akses yang memadai untuk dapat berhubungan langsung dengan router Cisco. Karena itulah, banyak diciptakan Third-Party simulator khusus untuk Router Cisco. Salah satu diantaranya Dynamips.

Definition
Nah, Dynamips adalah simulator Cisco yang menggunakan operating system (IOS) Cisco yang sama dengan yang digunakan untuk Router Cisco. Berbeda dengan beberapa Simulator lain yang menggunakan Operating System buatan sendiri yang dibuat semirip dengan IOS asli Cisco. Mendapatkan akses ke IOS Router Cisco, tentu lebih mudah dan murah daripada membeli Router Cisco.

Prerequisite
Untuk Instalasi Dynamips, Dynagen dan GNS, kita perlu sbb (versi terakhir ketika artikel dibuat 11 November 2008):

  • Dynagen v0.11.0 : Didalamnya sudah ada Dynamips versi 0.2.8-RC2 + CLI Front-End Interface)
  • GNS v3-0.5-win32 : Didalamnya sudah ada Dynagen dan Graphical Front-end Inteface.
    GNS versi ini sudah include didalam-nya Dynamips v0.2.5. Tapi nantinya kita akan override menjadi versi 0.2.8.
  • Operating System (IOS) Cisco yang biasa digunakan untuk menjalankan Router.
    Seri yang bisa disupport Dynamips cukup beragam, mulai dari 1700, 2600, 2800, 3600, 7200 dan lainnya. Bahkan rilis terakhir, sudah mampu menjalankan IOS PIX (Firewall Cisco). Untuk lengkapnya ada daftar supported device di folder Dynamips yang sudah diinstall. Silahkan googling, ada banyak cara untuk mendapatkan IOS Cisco.
  • Pengetahuan dasar dan guidance untuk menjalankan Router. Bisa berbentuk e-book, literatur, buku, dan lainnya. Selain itu akan lebih baik lagi apabila memiliki akses resource ke berbagai online Help Cisco. Juga join ke forum-forum yang spesifik membahas Cisco. Untuk Lebih mempercepat update knowledge dan apa saja yang sedang terjadi di dunia Cisco.
  • PC dan Notebook yang mempunyai prosesor minimum Intel Pentium 4 atau lebih baik lagi menggunaan Intel Core2Duo. Atau apabila punya dana lebih, Core2Quad (4 buah core) bisa menjadi pilihan bagus. Untuk AMD, silahkan mencari tipe-tipe sepadan dengan yang merek Intel. Tapi saya yakin prosesor tipe AMD cukup capable. Saya sendiri menjalankan Router Cisco dari Notebook Acer dengan prosesor Intel Celeron 1.6Ghz. Dan system operating WindowsXP Prof. Memang kurang bertenaga, tetapi bisa menjalankan 4 atau 5 Router. Tergantung fitur yang ingin di jalankan di simulator. Lebih dari 5 router, biasanya Notebook saya menjadi sangat lambat atau crash. Notebook tipe saya masih memadai kalau hanya untuk mencoba command-command dan testing topologi network yang simple. Karena itu, kesimpulan saya, untuk ujian level CCNA dan CCNP, Notebook ber-prosesor Intel Celeron seperti saya masih cukup memadai.

Selanjutnya, Part II : Instalasi Dynagen

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: